Institut Agama Islam Al-Qolam Gondanglegi Kabupaten Malang _ Program Studi Hukum Ekonomi Syari’ah (HES) Institut Agama Islam menggelar acara Workshop dan Pelatihan Sertifikasi Halal pada Sabtu, 25 November 2023. Acara yang dimulai pada pukul 09.15 WIB pagi itu mengambil tema “Peluang Sertifikasi Halal dalam Menghadapi Regulasi Jaminan Produk Halal”.

Bertempat di Auditorium IAI Al-Qolam acara tersebut diperuntukkan bagi mahasiswa Prodi HES semester 1 sampai dengan 7, “Unsur-unsur yang harus dilibatkan oleh pemerintah dalam sertifikasi halal adalah mahasiswa, dan itu bisa menjadi salah satu profesi yang bisa dipilih oleh teman-teman Hukum Ekonomi Syariah ketika lulus nanti,” Dekan Fakultas Syari’ah IAI Al-Qolam, Siti Aisyah S. Ag. M. A dalam sambutannya. Dengan acara hari ini beliau juga berharap Mahasiswa HES bisa mengetahui pentingnya Sertifikasi Halal bagi para pelaku usaha, mengapa Sertifikasi Halal ini harus dimiliki oleh UMKM dan apa yang harus dilakukan oleh Mahasiswa sebagai bentuk pengabdian ke masyarakat kelak.

Forum acara tersebut berlangsung dengan baik. Para pemateri nampak sangat professional pada materi yang dibawakan sehingga membuat antusiasme peserta yang terlihat dari respon-respon serta beberapa pertanyaan kompleks yang diajukan dalam Seminar, diantaranya; 1). Bagaimana apabila ada kecurangan untuk konsumen dn pph untuk memiliki sertifikasi halal ? 2). Apakah label halal bisa dicabut pada produk Israel yang telah diharamkan oleh MUI ? 3). Apakah kita harus menanyakan kepemilikan sertifikasi halal pada para pedagang kecil/umkm mikro ?

Selain membawakan materi soal Regulasi dan Instrumen Sertifikasi Halal, pemateri juga menjelaskan tahapan sertifikasi halal disertai praktik panduan pendaftaran via website. “Pernyataan pelaku Usaha, Kejujuran dari Pelaku Usahalah yang akan memudahkan Pelaku Usaha tersebut,” ungkap Sri Utami, S. Pd M. M dalam pemaparannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *